Selasa, 25 Januari 2011

SUMBER-SUMBER YANG MEMPENGARUHI POLA PIKIR MANUSIA

Berpikir adalah denyut nadi manusia, manusia dikatakan hidup apabila dia bisa berpikir. Berpikir itu sederhana hanya butuh waktu sekejap.


Lewat blog ini saya akan coba untuk membagi sedikit informasi tentang kekuatan pikiran manusia. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan yang membaca informasi ini

Terdapat 7 sumber kekuatan yang mempengaruhi proses berpikir manusia:
1. Orang Tua
Dari orang tua lah kita belajar tentang kata-kata, ekspresi wajah, gerakan tubuh, perilaku, norma, keyakinan agama, prinsip, dan nilai-nilai luhur. Orang Tua adalah tutor atau guru kita yang pertama di dunia, merekalah yang membentuk pola pikir kita untuk yang pertama kalinya.

2. Keluarga
Setelah orang tua kita akan dikenalkan dengan dunia lain yaitu keluarga, dari merekalah kita akan menangkap informasi dan pola pikir yang lain, yang fungsinya untuk melengkapi pola pikir yang telah kita peroleh dari orang tua.

3. Masyarakat
Dunia lain yang akan dikenal adalah lingkungan masyarakat sekitar, dengan semakin bertambahnya informasi dan disatukan dengan apa yang telah kita dapat akan membuat proses pembentukan pikiran kita menjadi semakin kuat.

4. Sekolah
Sekolah mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam proses pembelajaran seseorang, peraturan-peraturan yang diterapkan sekolah maupun perilaku dan sikap guru dapat memperkaya proses pembentukan pola pikir yang sudah ada.

5. Teman
Berteman merupakan aktualisasi diri yang pertama dalam kehidupan, karena dalam suatu pertemanan, kita yang menentukan pilihan akan berteman dengan siapa, tidak ada larangan dalam menentukan dengan siapa kita akan berteman.

6. Media Massa
Adanya unsur pengidolaan pada suatu tontonan dapat menimbulkan peniruan-peniruan oleh seseorang baik itu yang sifatnya negatif maupun yang positif. Contohnya pola pakaian seorang artis akan ditiru oleh fans nya.

7. Diri sendiri
Inilah faktor penentu dari suatu pola pikir, baik buruknya suatu pengaruh kitalah yang akan menentukan apakah kita akan menjadi pribadi yang buruk atau kita akan memilih menjadi pribadi yang baik.

Semoga sedikit informasi dari prof. zonakoe ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sudi mampir dan berkunjung.

0 komentar:

Posting Komentar

Prof. zonakoe sangat mengharapkan komentar anda dengan harapan akan terjalinnya suatu pertemanan dan sillaturahmi.
Prof. zonakoe pasti akan balik mengunjungi anda supaya kita bisa ngopi bareng lagi