Senin, 09 Januari 2012

manajemen

5 TIPS SEDERHANA MANAJEMEN HUTANG


Mengatur atau memanajemen hutang tidak hanya bisa dilakukan oleh para ahli. Anda sebenarnya bisa melakukannya sendiri jika Anda benar-benar ingin mengatur dana pinjaman dan masa depan keuangan. Jika Anda siap melakukannya, tanpa saran dari ahli keuangan pun Anda bisa mengurangi hutang buruk, dan yang lebih penting adalah, Anda tak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk membayar ahli keuangan :)

Anda tidak percaya?

Coba dahulu langkah berikut untuk mengurangi hutang Anda. Anda akan tahu bahwa langkah-langkah berikut sebenarnya cukup sederhana dan logis, tapi semua tergantung bagaimana Anda menerapkannya. Anda bahkan tak perlu punya gelar sarjana dalam bidang ekonomi atau bisnis untuk memahaminya!

Berikut langkah-langkahnya:

1. Buat rencana keuangan

Jika Anda memiliki rencana yang jelas tentang bagaimana Anda akan menggunakan atau membelanjakan uang, maka Anda akan bisa meminimalisasi pengeluaran yang tidak perlu. Pada awalnya memang sulit untuk dilakukan, tapi jika Anda terus menerus melakukannya, maka Anda akan terbiasa.

2. Sisihkan income / pemasukan untuk pelunasan hutang

Jika Anda mendapat pemasukan secara bulanan, maka menyisakan uang Anda untuk pelunasan hutang adalah langkah yang baik. Dengan demikian, akan ada keterpaksaan agar Anda melunasi hutang. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk memastikan bahwa Anda tak bisa menyentuh uang tersebut, karena Anda uang tersebut sudah Anda rencanakan untuk keperluan lain.

3. Menabung

Coba potong pengeluaran. Anda bisa melakukannya dengan menghemat energi, seperti listrik dan air. Jika memungkinkan, potonglah pengeluaran untuk hal-hal yang bisa Anda lakukan sendiri. Misalnya saja untuk laundry, perawatan taman / kebun, perbaikan pipa, dll.

4. Prioritaskan hutang dengan bunga tertinggi

Jika Anda punya banyak hutang, bayarlah hutang yang bunganya paling tinggi terlebih dahulu. Dengan demikian, maka Anda akan terhindar dari bunga hutang yang nilainya juga akan makin tinggi. Anda juga akan dapat menyisihkan uang untuk membayar hutang yang lain (yang bunganya lebih rendah). Mengenai pelunasan hutang seperti ini, David Ciang telah memaparkanya secara baik dan jelas di dalam eBooknya yang berjudul Keuangan Pribadi: Resep Rahasia di Balik Kesuksesan Kaum Kaya (bisa Anda dapatkan melalui
www.AsetInternet.com).

5. Bayar lebih banyak

Jangan hanya membayar cicilan hutang sesuai jumlah yang diminta. Jika Anda punya uang, bayar lebih banyak. Dengan demikian, maka kekhawatiran Anda akan berkurang, dan akan ada keringanan beban dalam pelunasan hutang Anda yang berikutnya.


0 komentar:

Posting Komentar

Prof. zonakoe sangat mengharapkan komentar anda dengan harapan akan terjalinnya suatu pertemanan dan sillaturahmi.
Prof. zonakoe pasti akan balik mengunjungi anda supaya kita bisa ngopi bareng lagi