Selasa, 08 Mei 2012

MANAJEMEN KEPEMIMPINAN

Kepemimpinan memang selalu dikaitkan dengan manajemen, namun di sini titik beratnya bukan pada manajemen organisasi atau segala unsur teknis manajemen strategik melainkan manajemen aspek-aspek yang lebih abstrak, tetapi yang akan sangat menentukan adalah kualitas kepemimpinan.
 
Ada 4 kemampuan manajemen yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin :

1.    Manajemen perhatian
Para pemimpin harus memiliki suatu visi yang kuat, yang dapat membawa orang-orang ke arah tujuan yang diinginkan. Seorang pemimpin yang efektif, adalah seseorang yang tahu akan arah yang dikehendakinya.
2.    Manajemen arti
Tujuan pemimpin tidak hanya menerangkan atau menjelaskan tetapi juga menciptakan arti. Makin luas dan makin kompleks organisasi itu, maka manajemen arti harus makin dikuasai. Pemimpin yang efektis dapat mengkomunikasikan ide-ide melalui beberapa lapis/tingkat organisasional, menjangkau jarak yang jauh, meskipun harus melalui berbagai rintangan dari lawan maupun pesaing.
Kemampuan untuk mengangani perhatian dan arti didapatkan dari pribadi yang utuh. Tidak cukup dengan menggunakan kata-kata yang tepat, atau teknik yang bagus, atau menyewa humas untuk menulis pidato-pidatonya.
3.    Manajemen kepercayaan
Kepercayaan itu esensial bagi semua organisasi. Pokok kepercayaan ialah dapat dipercaya. Orang-orang lebih suka mengikuti pemimpin yang bisa diandalkan meskipun mereka tidak setuju dengan pendapat pimpinan tersebut, daripada mengikuti pimpinan yang mereka setujui pendapatnya tetapi sering tidak dalam posisi/ tidak dapat diandalkan.
4.    Manajemen diri
Yaitu mengetahui keterampilan-keterampilan dimilikinya dan dengan efektif menggunakan keterampilan-keterampilan tersebut. Pemimpin yang menguasai manajemen diri mengerti kekuatan-kekuatannya. Mereka juga memiliki talenta untuk menerima risiko. Bagi mereka, suatu kesalahan hanyalah cara lain melakukan sesuatu. Para pemimpin ini belajar dari dan menggunakan sesuatu yang berjalan dengan tidak lancar. Hal itu bukan kegagalan tetapi hanya langkah berikutnya.



Disadur dari Kepemimpinan, Bernardine R. Wirjana, M.S.W. dan Prof. Dr. Susilo Supardo, M.Hum.

0 komentar:

Posting Komentar

Prof. zonakoe sangat mengharapkan komentar anda dengan harapan akan terjalinnya suatu pertemanan dan sillaturahmi.
Prof. zonakoe pasti akan balik mengunjungi anda supaya kita bisa ngopi bareng lagi