Sabtu, 05 Mei 2012

MENJADI SEORANG BIDAN

Pemimpin bijak tidak turut campur apabila tidak perlu. Kehadiran pemimpin memang dirasakan, tetapi kelompok sering berjalan sendiri. Hanya sedikit pemimpin yang banyak bekerja, banyak bicara, memiliki pengikut dan pemujanya. Yang lebih buruk bila seseorang menggunakan ketakutan untuk menggerakkan kelompok dan menggunakan kekuatan untuk mengatasi perlawanan. 


Sebagian besar pemimpin yang menakutkan memiliki reputasi jelek. Ingatlah bahwa anda sedang mempermudah proses orang lain. Ini bukan proses anda. Janganlah mengendalikan. Janganlah memaksakan kebutuhan dan pandangan anda sendiri ke dalam kelompok terdepan. Apabila anda tidak percaya pada proses seseorang, orang tersebut tidak akan mempercayai anda. 

Bayangkan bahwa anda adalah seorang bidan, anda membantu kelahiran orang lain. Bekerjalah dengan baik tanpa pamer atau berselisih. Permudahlah apa yang sedang terjadi bukan apa yang anda kira seharusnya terjadi. Jika anda harus memimpin, pimpinlah sehingga ibunya tertolong, namun masih bebas dan berkuasa. Ketika bayinya lahir, sang ibu akan berkata tegas, “Kami melakukannya sendiri”.


Pelajaran berharga dari Kepemimpinan Tao (John Heider)

0 komentar:

Posting Komentar

Prof. zonakoe sangat mengharapkan komentar anda dengan harapan akan terjalinnya suatu pertemanan dan sillaturahmi.
Prof. zonakoe pasti akan balik mengunjungi anda supaya kita bisa ngopi bareng lagi